Lazarus Syndrome

"Pernah mendengar atau mungkin melihat kejadian orang bangkit dari kematiannya? Atau mungkin kita sering dengar kalimat “mati suri”?"

Apakah itu mungkin terjadi?

Ok let’s talked about it..

Sebelumnya saya menulis ini berdasarkan peran saya sebagai seorang dokter, bukan sebagai seorang ahli agama atau umat. Karena itu pembahasan yang saya buat berdasarkan sains dan logika.

Mati suri atau dalam dunia medis disebut sindroma lazarus. Sindroma Lazarus adalah suatu keadaan dimana timbul keterlambatan (tertunda) kembalinya sirkulasi spontan tubuh setelah dilakukan tindakan CPR (Cardio-Pulmonary Resuscitation).

Kenapa bisa terjadi, belum ada sebuah teori pasti yang mengungkap kenapa hal tersebut timbul. Namun ada beberapa hipotesis yang memungkinkan terjadinya Delayed ROSC (Lazarus Syndrome).

Yang pertama, kerja obat yang terlambat. Teori ini mungkin dapat diterima pada kasus-kasus dengan pasien yang diberikan obat melalui jalur pembuluh darah besar (vena) perifer. Dimana obat akan mengalami kesulitan untuk menuju ke central hingga, keadaan venous returns membaik, obat dapat terkirimkan kepusat dan dapat memperbaiki sirkulasi darah kembali. Namun hal ini tidak dapat diterima pada kasus-kasus dimana obat langsung dimasukan melalui central lines.

Kemungkinan kedua yang dikemukakan para peneliti adalah adanya hubungan dengan keadaan hiperkalemia. Dimana kalium merupakan salah satu mineral yang penting terhadap jantung. Penigkatan kalium ekstraseluler mengurangi eksitabilitias miokardium dan mendepresi jaringan pacemaker jantung dan arus konduksi sehingga dapat muncul Lazarus Syndrome.

Kemungkinan ketiga, adalah faktor recovery pada myocardium yang lambat akibat disfungsi myocardial yang cukup lama. Pada disfungsi otot myocardial yang cukup lama dapat mengakibatkan iskemik, sehingga membutuhkan waktu untuk otot myocardial recovery dan bekerja seperti semula sehingga sirkulasi tubuh kembali normal.

Namun walaupunsudah terdapat banyak pendapat mengenai fenomena Lazarus Syndrome, belum ada satupun hipotesis yang terbukti pasti penyebab kejadian tersebut. Kejadiannya yang jarang dan pelaporan/pendataan yang kurang menjadi salah satu penyebab sulitnya penyebab pasti dari fenomena tersebut terjadi..

Comments

Popular posts from this blog

Fighting Dragons With You (How You Can Survive in Medical Jungle)

Special Goodbye

Forgive But Never Forget